Laboratorium Akuntansi
Universitas Muhammadiyah Malang
Laboratorium Akuntansi
Universitas Muhammadiyah Malang

SADAP

 
SADAP
Kunjungan Perusahaan (SE)
Pelatihan Perpajakan Brevet AB (C)
Short Course Akuntansi Syariah
Pelatihan Intensif Manajemen Ekspor Impor
Short Course Akuntansi Pertambangan

A.       LATAR BELAKANG
Diraihnya predikat Terakreditasi “A” membawa implikasi yang tidak hanya positif, tetapi juga berat bagi program studi Akuntansi. Berat untuk mampu merawat dan selanjutnya mempertahankan predikat tersebut pada program akreditasi periode selanjutnya. Kata orang bijak: “mempertahankan jauh lebih sulit dan berat daripada katika berusaha untuk meraihnya”
Implikasi tersebut harus dibaca sebagai sebuah tantangan untuk menjadi lebih baik dengan melakukan inovasi dan kreasi di bidang dalam pengejawantahan tri dharma perguruan tinggi. Salah satunya adalah melalui pembinaan aktivitas kemahasiswaan yang menganut konsep continuous improvement sebagaimana diamanatkan dalam setiap akreditasi program studi.
Selain itu, program study excursion (SE) yang pernah diberlakukan di program studi Akuntansi hingga tahun 2000an, tampaknya kini diminati oleh sebagian mahasiswa. Terlepas dari aspek negatif program tersebut (misalnya beban biaya yang cukup tinggi dan tidak cukup efektifnya added value yang diperoleh dari kunjungan perusahaan), SE tetap memiliki dampak positif bagi mahasiswa.
Mempertimbangkan keinginan sebagian mahasiswa untuk melakukan SE dan mendengar argumentasi logis sebagian mahasiswa lainnya yang tidak menghendaki SE, maka perlu dirancang sebuah program yang dapat memberikan added value bagi mahasiswa dan terkait dengan bidang keilmuan akuntansi. 
B.       TUJUAN
Tujuan program ini adalah untuk memberikan nilai tambah bagi mahasiswa akuntansi, di luar pengetahuan akuntansi yang text-book. Secara khusus tujuan program ini adalah:
1.    Memperkenalkan dunia praktik akuntansi di perusahaan
2.    Memberikan pengetahuan baru yang terkait dengan disiplin akuntansi
3.    Meningkatkan ketrampilan mahasiswa di bidang yang terkait dengan disiplin akuntansi
 
C.        KETENTUAN UMUM
1.    Program ini mulai berlaku bagi mahasiwa angkatan 2006
2.    Keikutsertaan dalam program ini menjadi prasyarat untuk memprogram skripsi
3.    Bukti keikutsertaan ditunjukkan dengan sertifikat, surat keterangan, dan/atau tanda peserta (bagi yang sedang menempuh program dan belum selesai)
 
D.       DESKRIPSI PROGRAM
Dalam rangka memberikan added value, maka mahasiswa DIWAJIBKAN untuk mengikuti ‘hanya’ salah satu (fardlu kifayah) dari aktivitas berikut:
1.      Kunjungan perusahaan (SE).
2.      Magang kerja di bidang akuntansi
3.      Pelatihan Perpajakan Brevet AB (C)
4.      Pelatihan Akuntansi Pertambangan
5.      Short course akuntansi syari’ah
6.      Pelatihan intensif manajemen ekspor impor
7.      Seminar (lokal/regional/nasional)
Ad.1. Kunjungan perusahaan (SE)
1)    SE hanya akan dianggap sebagai kegiatan ilmiah dalam kerangka SADAP jika panitia SE dapat menunjukkan surat jawaban kesediaan dari perusahaan yang dikunjungi.
2)     SE harus mengunjungi minimal 3 perusahaan jika mengambil rute Malang-Bali/Malang-Jakarta/Malang-Bandung/Malang-Jokjakarta; dan 2 perusahaan jika rutenya Malang-Surabaya dan/atau di wilayah Jawa Timur.
3)     Bukti keikutsertaan SE ditunjukkan dengan dikeluarkannya sertifikat yang ditandatangani oleh Ketua program studi dan Dekan/PD1.
4)     Sertifikat dibuat oleh panitia SE atas persetujuan program studi.
5)     Penandatanganan sertifikat SE oleh Ketua program studi hanya akan dilakukan setelah panitia menyerahkan laporan pelaksanaan SE kepada program studi.
6)  Laporan SE disusun oleh kelompok yang terdiri dari 5 mahasiswa per kelompok. Laporan tersebut berisi aktivitas dan “temuan” kelompok mahasiswa selama kunjungan perusahaan (format laporan lihat lampiran 1).
7)    Laporan dari masing-masing kelompok mahasiswa kemudian dibendel jadi satu oleh panitia SE.
8)  Panitia SE harus berkonsultasi kepada dosen wali dan/atau program studi tentang rencana kerjasama dengan travel agent, terkait dengan kontrak kerjasama yang disepakati.
   9)    Sertifikat SE menjadi bukti yang dilampirkan pada saat pengajuan pembimbing skripsi.
 
Ad.2. Magang kerja
1)    Aktivitas magang dilakukan dalam masa liburan semester, sehingga dengan demikian tidak ada ijin meninggalkan kuliah dalam rangka magang.
2)     Lokasi magang dipilih dan diusahakan oleh mahasiswa atau kelompok mahasiswa.
3)     Spesifikasi aktivitas di lokasi magang harus searah dengan bidang ilmu akuntansi.
4)     Magang kerja dapat dilakukan secara kelompok, maksimal 3 orang.
5)    Mahasiswa atau kelompok mahasiswa yang akan melakukan magang mendaftarkan diri ke program studi melalui dosen wali.
6)   Mahasiswa atau kelompok mahasiswa yang akan melakukan magang mengkonsultasikan rencana program dan lokasi magangnya kepada program studi melalui dosen wali (dalam bentuk proposal) dan mengajukan permohonan surat ijin magang kepada fakultas.
7)   Program studi menunjuk dosen pendamping magang yang bertugas mengevaluasi proposal magang dan memonitor pelaksanaan magang mahasiswa.
8)    Mahasiswa atau kelompok mahasiswa yang akan melakukan magang harus menunjukkan surat persetujuan dari instansi tempat magang.
9)    Di akhir masa magang, mahasiswa menyerahkan laporan magang kepada program studi untuk didokumentasi.
10) Surat keterangan magang yang diperoleh dari instansi tempat menjadi bukti yang dilampirkan pada saat pengajuan pembimbing skripsi
 
Ad.3. Pelatihan Perpajakan Brevet AB (C)
1)  Brevet pajak merupakan pelatihan perpajakan komprehensif yang akan memberikan ketrampilan bagi mahasiswa dalam penyelesaian masalah-masalah perpajakan.
2)   Brevet pajak diselenggarakan oleh Laboratorium Akuntansi setiap tahun sekali.
3)   Brevet pajak diselenggarakan atas kerjasama dengan pihak lain yang memiliki kompetensi di bidang tersebut
4)  Mahasiswa yang memilih untuk mendapatkan added value di bidang ini dianjurkan untuk mengikuti yang diselenggarakan oleh Lab. Akuntansi.
5)   Mahasiswa diperbolehkan mengikuti brevet pajak yang diselenggarakan oleh instansi lain.
6)  Sertifikat brevet pajak menjadi bukti yang dilampirkan pada saat pengajuan pembimbing skripsi.

Ad.4. Short course Pertambangan
1)     Short course akuntansi pertambangan merupakan pelatihan yang membekali mahasiswa dalam memberikan pengetahuan dan keterampilan yang memadahi di bidang akuntansi pertambangan.
2)     Short course akuntansi pertambangan diselenggarakan oleh Laboratorium Akuntansi setiap tahun sekali (setiap pertengahan semester ganjil)
3)     Short course akuntansi pertambangan diselenggarakan atas kerjasama dengan PT. Tunas Inti Abadi (TIA)
4)     Short course akuntansi pertambangan diselenggarakan selama 2 hari berturut-turut.
5)     Sertifikat sebagai peserta workshop menjadi bukti yang dilampirkan pada saat pengajuan pembimbing skripsi.
 
Ad.5. Short course akuntansi syari’ah
1)   Tren perkembangan perbankan dan lembaga keuangan syari’ah menuntut lulusan akuntansi untuk memiliki pengetahuan dan  ketrampilan yang memadai di bidang akuntansi syari’ah.
2)     Short course akuntansi syari’ah diselenggarakan oleh Laboratorium Akuntansi setiap tahun sekali (setiap akhir semester ganjil).
3)    Short course akuntansi syari’ah diselenggarakan atas kerjasama dengan Bank Muamalat Indonesia (BMI)
4)     Short course akuntansi syari’ah diselenggarakan selama 3 hari berturut-turut.
5)    Sertifikat sebagai peserta workshop menjadi bukti yang dilampirkan pada saat pengajuan pembimbing skripsi.


Ad.6. Pelatihan intensif manajemen eksim
1)     Pelatihan intensifmanajemen ekspor impor berusaha membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan ketrampilan praktis tentang seluk beluk Ekspor Impor yang dapat diterapkan secara langsung dalam perusahaan.
2)    Pelatihan intensifmanajemen ekspor impor diselenggarakan oleh Laboratorium Akuntansi setiap tahun sekali.
3)   Pelatihan intensifmanajemen ekspor impor diselenggarakan atas kerjasama dengan instansi pemerintah/kantor konsultan dan/atau lembaga lain yang memiliki kompetensi di bidang tersebut.
4)     Sertifikat sebagai peserta short course menjadi bukti yang dilampirkan pada saat pengajuan pembimbing skripsi.
  
Ad.7. Seminar (lokal/regional/nasional)
1)    Sebagai alternatif lain student’s value added program, mahasiswa dapat mengikuti seminar, baik lokal, regional, nasional, atau internasional.
2)   Keikutsertaan dalam kegiatan seminar dapat dianggap sebagai bagian dari SADAP jika memenuhi ketentuan sebagai berikut:
a.    Tema seminar terkait dengan disiplin ilmu akuntansi.
b.    Seminar diselenggarakan oleh instansi/lembaga yang kredibel untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut.
c.    Jumlah keikutsertaan seminar adalah (1) dua kali untuk seminar nasional/ internasional; dan (2) tiga kali untuk seminar lokal /regional.
3)    Bukti keikutsertaan dalam seminar ditunjukkan dengan adanya sertifikat.
4)   Sertifikat sebagai peserta seminar tersebut menjadi bukti yang dilampirkan pada saat pengajuan pembimbing skripsi.
 
E.        PENUTUP
Panduan ini disusun dengan maksud untuk memberikan alternatif yang lebih variatif bagi mahasiswa untuk mengembangkan wawasan dan ketrampilannya dalam disiplin akuntansi.
Demikian panduan pelaksanaan ini disusun untuk dapat dijadikan pedoman bagi pelaksanaan student’s added value programs (SADAP).
  Malang, 14 November 2008.
Disusun oleh:
 
Ihyaul Ulum MD.
 
Lampiran 1: Format Laporan Kunjungan Perusahaan (SE)
Kelompok mahasiswa:
1.      Nama             : ...................................(NIM)
2.      Nama             : ...................................(NIM)
3.      Nama             : ...................................(NIM)
4.      Nama             : ...................................(NIM)
5.      Nama             : ...................................(NIM)
 
Dosen Pendamping        : .................................................
Nama perusahaan          : .................................................
Jenis industri                   : .................................................
Jenis produk                    : .................................................
Alamat                              : .................................................
 
Temuan selama di perusahaan (uraikan informasi yang Anda peroleh selama di perusahaan, terkait dengan disiplin akuntansi – 2 halaman)
 
..................................................................................................
..................................................................................................
..................................................................................................
..................................................................................................
..................................................................................................
 
Aktivitas kelompok (uraikan aktivitas yang Anda lakukan dan diskusikan dengan perwakilan perusahaan selama Anda berada di perusahaan tersebut - 2 halaman)
 
..................................................................................................
..................................................................................................
..................................................................................................
..................................................................................................
..................................................................................................
                                                                                         
                                                                                          Malang, .........................20xx
Menyetujui:                                                                      Ketua Kelompok,
Dosen Pendamping,
  
 
(nama lengkap dan gelar)                                              (nama dan NIM)

 
Shared: