Laboratorium Akuntansi
Universitas Muhammadiyah Malang
Laboratorium Akuntansi
Universitas Muhammadiyah Malang

Asisten





        
       Komunitas Asisten Laboratorium Akuntansi secara resmi mulai diinisiasi oleh mahasiswa angkatan 1991. Pola rekrutmen yang digunakan waktu itu cukup sederhana. Baru menjelang tahun 2000-an, mekanisme rekrutmen asisten ditata menjadi lebih sistematis dan lebih ketat karena tingginya minat mahasiswa Akuntansi untuk menjadi Asisten Lab.

        Sampai tahun 2005-an, rekrutmen asisten ditujukan kepada mahasiswa semester 5 dan dilaksanakan pada akhir semester ganjil. Mahasiswa yang lolos seleksi untuk menjadi asisten mulai mendampingi aktivitas praktikum di kelas ketika mereka masuk semester 6.
Sejak tahun 2008, rekrutmen asisten dilaksanakan di awal semester ganjil bagi mahasiswa semester 5. Mahasiswa yang lolos seleksi kemudian MAGANG sebagai asisten di kelas praktikum mulai setelah Ujian Tengah Semester pada saat mereka semester 5. Baru pada awal semester 6, mereka secara mandiri diberikan tugas untuk mendampingi aktivitas praktikum di kelas. Jadi, mahasiswa angkatan 2008 misalnya, menjadi asisten Lab. Akuntansi pada tahun 2010.
 
Saat ini, proses rekrutmen dilakukan dalam 4 tahapan dengan sistem gugur.

TAHAP PERTAMA adalah seleksi administrasi, yang mensyaratkan nilai minimal B untuk beberapa matakuliah inti akuntansi.
TAHAP KEDUA adalah tes tulis dan kemampuan komputer. 
TAHAP KETIGA adalah tes micro teaching.
TAHAP KEEMPAT adalah tes wawancara.
 
      Setelah lolos seleksi, calon asisten diberikan pembekalan tentang Kemampuan Dasar-Dasar Instruksional yang diisi oleh dosen dari FKIP UMM. Materi tentang tata laksana laboratorium juga diberikan dalam forum tersebut, mulai dari bagaimana mengelola pendaftaran praktikum, membagi mahasiswa dalam kelas-kelas praktikum, mengelola nilai dan database, serta bagaimana pengelolaan aktivitas-aktivitas SADAP yang dibebankan kepada lab. (Brevet Pajak, SC Akuntansi Syariah, SC Ekspor Impor, dan kunjungan industri).  Selain itu, mereka juga dibekali dengan teknik penulisan artikel dan berita serta manajemen pengelolaan majalah untuk memastikan bahwa majalah Ekuitas dapat terus terbit.
 
        Berikut ini adalah daftar nama-nama asisten per angkatan. Penyajiannya berdasarkan tahun masuk UMM (NIM), bukan tahun mulai menjadi asisten. Jadi, jika disini tertulis angkatan 2008, maka mereka mulai menjadi asisten sejak tahun 2010.
 
 


 
 
Asisten
 
 
 
 
Laboratorium
Akuntansi
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Shared: