Tunjuk 5 Asisten ikuti pembekalan di Dirjen Pajak

Sabtu, 02 Maret 2013 12:47 WIB

Berita UMM
Dari kanan: Abidin, Faradillah, Pemateri Dirjen Pajak, Putra, Faisol, dan Rafis di Aula Lt. III Kanwil DJP Jawa Timur III, Malang

          Selasa (25/02), ditengah-tengah kesibukan persiapan semester genap tahu akademik 2012/2013, atas nama Kepala Operasional Lab. Akuntansi, Lutfi tunjuk 5 orang Asisten Lab. Akuntansi angkatan 2009 untuk mengikuti pelatihan di Kanwil DJP Jawa Timur III. 5 orang Asisten tersebut adalah Rafis Muhatir, Putra Aditya Danarwijaya, Akhmad Abidin, Faradilah Achmad, dan Muhammad Faisol.

       Acara ini bertemakan ‘Pembekalan Perpajakan Petugas Tax Center’, dibuka langsung oleh Kepala P2Humas Kanwil DJP Jatim III, Merry Natalina. Dalam sambutannya Merry menyampaikan selamat kepada para peserta yang sudah memiliki kesempatan mengukiti pembekalan tersebut, karena tidak semua universitas yang ada di Malang kami undang untuk mengikuti pelatihan ini. Diantara universitas yang kami undang adalah Universitas Brawijaya (UB), Universitas Islam Negeri Malang (UIN), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), dan Universitas Negeri Malang (UM), namun utusan dari UM tidak bisa mengikuti berkenaan dengan ujian, lanjut wanita itu.

            Orang nomor satu P2Humas itu juga menuturkan tujuan dari pelaksanaan acara ini adalah untuk membekali pada petugas tax center atau orang yang memberikan pelayanan masalah konsultasi perpajakan di masing-masing universitas. Selain itu pada beberapa bulan kedepan kami memiliki agenda perhitungan SPT WP-OP bersama, yang akan diselenggarakan di masing-masing universitas, dari itu para peserta pembelakan sekalian mampu mendampingi para karyawan dan dosen saat acara ini diselenggarakan, Tutup PNS Dirjen pajak itu.

            Adapun materi pembekalan yang diberikan yaitu mengenai perhitungan dan pengisian SPT WP-OP, namun sebelumnya para peserta diberikan semacam film dokumenter, kenapa kita harus bayar pajak?. Setelah itu dilanjutkan dengan penjelasan perundang-undangan pajak orang pribadi secara detail, diiringi dengan forum diskusi antara pemateri dengan peserta. Serta diakhiri dengan simulasi perhitungan dan pengisian SPT WP-OP.

            Sebenarnya materi yang disampaikan itu sama halnya dengan apa yang selalu kita lakukan saat praktikum perpajakan pada semester lima (ganjil) di Lab. Akuntansi. Lebih-lebih perhitungan dan pengisian SPT yang ada di praktikum justru lebih komplit dari apa yang disampaikan. “tapi kami senang mengikuti acara ini bisa bertanya langsung dengan sumber utamanya ‘masalah pajak’, sehingga hal-hal yang masih ambigu bisa kami diskusikan disini. Selain itu ini merupakan salah bentuk kerjasama kami dengan Dijen Pajak untuk acara-acara berikutnya”, kesan Dilla (Faradilah) saat ditanya di TU Lab. Akuntansi.

            Acara yang bertempat di Aula III Kanwil DJP Jawa Timur III ini pasalnya diikuti oleh 17 orang peserta dari UMM, yang diambil dari 4 program studi yang berbeda, 5 orang Akuntansi, 4 orang Manajemen, 4 orang IESP, dan 4 dari prodi D3 Keuangan dan Perbankan. (ish)

 

Shared: