Sistem Baru Pendaftaran Praktikum

Rabu, 17 September 2014 16:59 WIB

 

Pendaftaran praktikum di laboratorium akuntansi berlangsung selama dua hari (12-13/9/2014) di kantor dan lab 2 akuntansi. Pendaftaran disediakan untuk mahasiswa akuntansi angkatan 2012 dan 2013 yang akan menempuh praktikum perusahaan dagang baik secara manual maupun dengan komputer selama kuliah semester III. Kemudian praktikum perpajakan dan sistem informasi akuntansi untuk mahasiswa angkatan 2012 yang akan menempuh kuliah semester V.

Panitia pendaftaran praktikum yang melayani pendaftaran calon praktikan hanya 13 orang asisten laboratorium ditambah beberapa orang part time lab akuntansi. Namun sedikitnya jumlah panitia tidak menjadi hambatan atas kelancaran pendaftaran selama dua hari tersebut.

Panitia pendaftaran pada kali ini menerapkan sistem baru atas ide kepala laboratorium akuntansi, Dra. Sri Wahjuni Latifah, M.M, Ak.. Awalnya sistem baru ini terpengaruh dari KRS-online yang dilakukan mahasiswa akuntansi pada semester ini merupakan sistem KRS-online yang baru. Sistem KSR-online pada semester ini menyebabkan mahasiswa belum memiliki KSM (Kartu Studi Mahasiswa) meskipun hanya yang sementara. Akibatnya pendaftaran praktikum yang biasanya memberi persyaratan membawa fotocopy KSM, tidak lagi mencantumkan persyaratan tersebut.

Sistem baru pendaftaran praktikum tersebut memudahkan panitia dan pendaftar ketika pendaftaran berlangsung. Panitia hanya perlu mengecek fotocopy bukti pembayaran SPP dan DPP dan kelas yang akan ditempuh saja. Kemudian peserta hanya perlu menyerahkan fotocopy bukti pembayaran SPP dan DPP, menuliskan identitas dan selesai hanya pada satu asisten, tidak perlu konfirmasi ke asisten kedua seperti pendaftaran semester lalu.

Keadaan tersebut membuat pendaftaran praktikum menjadi lebih cepat selesai jika dibandingkan dengan pendaftaran semester lalu. Namun menyulitkan panitia terutama divisi praktikum sebelum hari pendaftaran karena harus mengeplot dan menyesuaikan jadwal praktikum dengan jadwal kuliah reguler agar tidak banyak kelas yang memiliki jadwal bersamaan sehingga tidak merepotkan nantinya.

Para pendaftar mengaku pendaftaran praktikum kali ini lebih sederhana dan lebih singkat dibandingkan semester-semester sebelumnya. Dengan demikian kepuasan praktikan meningkat dengan sistem baru yang diterapkan di pendaftaran praktikum laboratorium akuntansi. Selanjutnya, banyak harapan laboratorium akuntansi untuk terus melakukan pengembangan sistem dari manual menjadi online agar mampu melayani praktikan lebih praktis dan sistematis. (han)

.

Shared: