SHORT COURSE PERTAMBANGAN

Kamis, 21 November 2013 16:50 WIB  

Berita UMM
peserta saat menyantap hidangan makan siang
 

SABTU, 16 November 2013 bertempat di Aula BAU Laboratorium Akuntansi kembali mengadakan SADAP (Student Added Value Programs) yakni SC. Pertambangan. Selama beberapa tahun terakhir Lab. Akuntansi telah berhasil mengadakan pelatihan singkat ini sampai angkatan ke-3. yang tidak lain bertujuan untuk memberikan nilai tambah bagi mahasiswa UMM khususnya mahasiswa akuntansi agar kelak nantinya dapat bersaing di dunia kerja. Ada yang unik di pelatihan singkat yang berlangsung selama 2 hari ini, selain melibatkan mahasiswa akuntansi UMM juga melibatkan mahasiswa universitas lain dari Blitar dan UM.

Dewasa ini akan lebih banyak dibutuhkan karyawan yang cakap softskillnya, tanpa mengesampingkan kemampuan akademiknya. “Untuk itu bila ingin mendapat kerja dengan cepat jadilah orang yang bisa membaca peluang lapangan kerja, apa yang dibutuhkan? dan apa yang harus kita siapkan”. Ujar Zubaidah sembari membuka pelatihan.

Dilanjutkan sambutan Kepala Laboratorium Akuntansi Sri Wahjuni Latifah, berpesan “Pelatihan ini sifatnya unik, karena tidak dipelajari di bangku perkuliahan, belum banyak universitas yang mengadakan short course tentang akuntansi pertambangan padahal jika kita tau Indonesia merupakan Negara yang kaya akan sumber daya alam, sedangkan SDM nya belum mampu menangani sumber daya alam tersebut. Jadi kita harus bersyukur diberi kesempatan untuk mengikuti pelatihan ini meskipun durasinya singkat”.

“Baru-baru ini diketahui bahwa Banyuwangi merupakan sumber tambang emas terbesar didunia”, ungkap Ilham mengawali materi. Dilanjutkan dengan pembahasan materi tentang pertambangan dan akuntansi barang tambang. “Dua hari memang sangat kurang untuk memahami akuntansi barang tambang, tapi setidaknya kalian tahu dasar nya pertambangan dan akuntansi pertambangan yang sudah saya sampaikan selama 2 hari ini. Jadi nanti ketika interview di perusahaan tambang kalian bisa memanfaatkan pengetahuan kalian dari pelatihan ini”. Jelas pemateri yang juga alumni Akuntansi UMM tahun 2004.

Tidak hanya materi yang penting diketahui peserta tapi juga pengalaman bekerja dan hidup pemateri yang bisa dijadikan pembelajaran oleh peserta. Sembari mengahiri pelatihan ini Ilham berpesan, “jika ingin sukses jangan berlama-lama berada dizona aman, bergegaslah mencari hal baru”. (Ruq/Mau)

 

 

Shared: