Short Course Ekspor Impor 2017, "Mahasiswa Akuntansi punya added value untuk menghadapi Era Global"

Jum'at, 24 Maret 2017 21:46 WIB

 

Short Course Ekspor Impor yang merupakan salah satu program SADAP dari Laboratorium Akuntansi Universitas Muhammadiyah Malang kini diadakan kembali. Bertepatan dengan tanggal 15, 17, dan 20 Maret 2017, SC Ekspor Impor dilaksanakan selama 3 hari di Aula BAU. SC Ekspor Impor yang lebih sering disebut dengan SC Eksim memasuki tahun ke 5 pada 2017 ini. Ada sekitar 100 orang peserta yang mengikuti kegiatan short course kali ini. Dalam kesempatan ini, ibu siti Zubaidah selaku ketua jurusan akuntansi dengan resmi membuka SC Eksim dengan memberikan sambutan dan menjelaskan manfaat pentingnya diadakan Short Course Ekspor Impor. Beliau berpesan bahwa di era globalisasi seperti sekarang ini, SC Ekspor Impor menjadi hal yang sangat penting karena bisa menjadi add value bagi mahasiswa jurusan akuntansi, mengingat perusahaan yang bergerak dibidang ekspor impor yang semakin berkembang sekarang ini. Diharapkan dengan adanya Short Course Ekspor – Impor peserta dapat memperoleh ilmu yang berkaitan dengan ekspor – impor sehingga dapat menjadi bekal bagi peserta yang nantinya ingin bekerja atau membangun usaha yang berhubungan dengan ekspor impor.

Setelah acara resmi dibuka, hari pertama diisi oleh pemateri yang berasal dari praktisi yang bergerak dibidang ekspor, materi yang berisi seputar perdagangan internasional dan segala sesuatu yang berkaitan denga itu disampaikan oleh Ibu Riska Dwi Harventy selaku Export Manager di PT. Tri Mega Baterindo. Dalam materi yang disampaikan kurang lebih setengah hari tersebut, peserta mendapat pengetahuan seputar praktik perdagangan internasional yang meliputi gambaran praktik, resiko, ketentuan umum bidang ekspor impor, pihak – pihak yang terkait, hingga prosedur dan sistematika ekspor. Materi dilanjutkan dengan pemateri yang berbeda. Kali ini materi disampaikan oleh Bapak Otto Budiharjo. Dalam materinya beliau membahas dari segi perpajakan dan mengaitkannya dengan proses ekspor impor. Peserta diberi kesempatan untuk mengetahui bagaimana kegiatan ekspor impor didefiniskan dari kacamata perpajakan, Undang – Undang apa saja yang terkait, selain itu para peserta juga menjadi tau jenis dan macam – macam objek  ekspor dan impor yang dikenai pajak, beserta bagaimana cara menghitungnya.

Short Cousedilanjutkan pada hari kedua, yakni pada tanggal 16 Maret 2017. Pada hari kedua, pemateri yang datang berasal dari pihak perbankan. Bapak Muhammad Khalim selaku pemimpin PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Malang berkesampatan langsung untuk menyampaikan materi pada para peserta Short Course. Berbagai materi yang terkait dengan bagaimana system pembayaran dan jaminan perbankan internasional dibahas pada short course hari kedua tersebut. Pemateri membahas dengan detail bagaimana perbankan berperan dalam proses transaksi internasional, bahkan dijelaskan pula terkait dengan skema praktik yang dilakukan dari proses awal hingga akhir.

Rangkaian Short Course Ekspor Impor 2017 di tutup dengan kegiatan kunjungan lapang ke PT. Teluk Lamong yang merupakan anak perusahaan dari PT. Pelindo III yang ada di Kota Surabaya. Pada kesempatan kunjungan lapang ini, peserta Short Course berkesempatan menyaksikan langsung kondisi lapangan terkait kegiatan ekspor impor yang meliputi bongkar muat, dan peranan pelabuhan. Para peserta yang pergi dengan 2 bus, diajak berkeliling seluruh wilayan Teluk Lamong yang sangat luas tersebut. Para peserta didampingi oleh seorang pemandu yang berasal dari staff Humas PT Teluk Lamong. Disana peserta dapat menyaksikan bagaimana semua kegiatan dipelabuhan sudah dilakukan menggunaka teknologi dan tidak lagi dilakukan secara manual. Kesempatan untuk dapat melihat dan berkeliling secara langsung di area tersebut merupakan kesempatan yang langka, pasalnya area yang didatangi tersebut adalah area yang steril dan mempunyai keamanan yang cukup ketat sehingga untuk bisa masuk dan melihat kedalamnya, tidak sembarang orang akan mendapat izin . (thl)

 

 

Shared: