Short Course Akuntansi Syariah Periode VII tahun 2016

Jum'at, 01 Juli 2016 20:10 WIB

Laboratorium akuntansi yang berada dibawah naungan jurusan akuntansi FEB-UMM  turut berpartisipasi aktif dalam menjaga dan meningkatkan kualitas lulusan mahasiswa  FEB-UMM, melalui Student Added Value Program (SADAP). Laboratorium akuntansi memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memilih berbagai kompetensi yang salah satunya adalah Short Course Akuntansi Syariah.

Bertepatan dengan tanggal 29 – 30 April 2016 Laboratorium Akuntansi mengadakan Short Course Akuntansi Syariah angkatan VII tahun 2016. Kegiatan Short Course Akuntansi Syariah berlangsung selama dua hari dan diselenggarakan di Aula BAU Universitas Muhammadiyah Malang pada hari Jumat hingga hari Sabtu. Short Course Akuntansi Syariah dihadiri oleh 85 orang peserta yang terdiri dari mahasiswa akuntansi angkatan 2012 dan 2013. Adapun pemateri yang mengisi Short Couse kali ini didatangkan dari berbagai sumber yang kompeten dan expert dibidang akuntansi Syariah.

Rangakaian acara Short Course di buka oleh Ketua Jurusan Akuntansi Dra. Siti Zubaidah, M.M., Ak yang juga dihadiri juga oleh Dosen – Dosen Jurusan Akuntansi. Hari pertama peserta menerima penjelasan mengenai perbankan Syariah dan berbagai karakteristik akad Syariah yang ada. Materi ini disampaikan langsung oleh Wiroso, SE., MBA selaku anggota dewan standar akuntansi Syariah. Selanjutnya pak wiroso menyampaikan materi terkait Akuntansi perbankan Syariah, materi ini dibagi menjadi dua sesi yang dimana sesi kedua disampaikan pada hari Sabtu.

Pada hari kedua, selain membahas tentang akuntansi perbankan Syariah II peserta juga menerima materi terkait akuntansi pembiayaan bank syariah. Materi tentang pembiayaan bank Syariah berakhir mendekati ISHOMA dzuhur dan dilanjutkan kembali pada pukul 13.00. selanjutnya materi dilanjutkan oleh tim Bank Muamalat Indonesia (BMI). Peserta diberi kesempatan untuk menganalisis dan menyelesaikan kasus pembiayaan yang diberikan. Pemateri yang berasal dari Tim BMI ini diisi oleh dua orang Atika Silmi Rahmayanti, ST. dan Fatchullah Reza S, SE. selaku SPV operation HR Manager BMI Cab. Malang.

Acara ditutup dengan pembacaan doa dan resmi ditutup oleh Dra. Sri Wahjuni Latifah selaku Kepala Laboratorium Akuntansi. Dengan diadakanya short course akuntansi Syariah ini mahasiswa akuntansi diharapkan dapat memahami dan meng update informasi terbaru terkait akuntansi Syariah. Oleh karena itu, laboratorium akuntansi sebagai pengembang kompetensi mahasiswa dalam hal praktik, berinisiatif mengadakan short course akuntansi Syariah, sehingga mahasiswa akuntansi tidak hanya dibekali dengan teori semata namun juga praktek kerja. (thl)

Shared: