SHORT COURSE AKUNTANSI PERTAMBANGAN

Sabtu, 11 Januari 2020 20:33 WIB

Assalamualaikum Wr. Wb.

Informasi yang akan disajikan kali ini adalah mengenai Short Course Akuntansi Pertambangan yang  diselenggarakan oleh pihak Pusat Pengembangan Akuntansi FEB UMM dengan menggandeng Laboratorium Akuntansi UMM untuk turut andil membantu kelancaran acara ini. Short Course Akuntansi Pertambangan diselenggarakan pada tanggal 10 – 11 Januari 2020 di Aula Masjid A.R. Fachruddin lantai 1 mulai dari pukul 08.30 – 17.00, dengan pemateri bapak Ilham Nugroho, S.E., yang juga merupakan alumni dari Jurusan Akuntansi UMM dan sekarang menjabat sebagai GM Business Control & Commercial di PT. Multi Harapan Utama.

Hari pertama Short Course ini diawali dengan acara  pembukaan, kemudian pemateri memperkenalkan industri pertambangan kepada peserta dari mulai hal kecil hingga hal-hal penting mengenai keselamatan yang selalu diutamakan dan bagaimana prospek industri ini di Indonesia kedepannya. Selain itu pemateri juga menyampaikan bahwa bekerja di pertambangan bukan hanya tentang gajinya yang cukup besar, namun juga tentang bagaimana resiko yang akan kita hadapi dan kesiapan kita ketika kita harus berada dan disimpan ditengah hutan beserta alat-alat yang digunakan dalam pertambangan. Pemateri mengatakan bahwa seorang akuntan juga ikut andil dalam proses penyelidikan sumberdaya pertambangan.

Hari kedua pada Short Course Akuntansi Pertambangan, peserta akan melakukan registrasi kembali di pagi hari. Materi yang disampaikan oleh pemateri di hari kedua ini adalah bagaimana implementasi Akuntansi dalam dunia pertambangan. Selain itu pemateri juga menyampaikan bahwa Akuntansi Pertambangan 100% berbeda dengan akuntansi biasanya. Dan semua asset tambang merupakan milik negara. Meskipun di hari kedua ini banyak diisi dengan angka angka dan perhitungan dari pagi hingga sore, para peserta tidak merasa bosan karena pemateri menyampaikan materinya dengan sangat interaktif.

Dengan adanya Short Course Akuntansi Pertambangan diharapkan dapat menambah pengetahuan mahasiswa tentang Akuntansi Pertambangan, sehingga dapat memperluas kemampuan mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja serta dapat  membantu mahasiswa yang ingin bekerja di bidang pertambangan.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Shared: