Laboratorium Akuntansi
Universitas Muhammadiyah Malang
Berita UMM

           Jum’at (07/06), kurang lebih satu semester pelaksanaan praktikum berlangsung di Lab. Akuntansi FEB UMM, tepat pada senin, 27/05 aktivitas praktikum diakhiri dengan tes. Tes pada minggu tersebut diawali dengan tes tulis untuk PKA Perusahaan Manufaktur. Tes tersebut berlangsung dengan durasi waktu 120 menit pengerjaan diikuti oleh mahsiswa semester IV, angkatan 2010.

         Kemudian pada minggu berikutnya pada senin, 03/06 tes tulis untuk Praktikum Pemeriksaan Akuntansi diikuti oleh mahasiswa semester VI, angkatan 2010. Selain berupa tes tulis, praktikan diharuskan mengumpulkan tugas individu berupa laporan auditan atas penugasaan yang dikerjakan selama kurang lebih satu semester. Karena memang untuk praktikum ini output yang dihasilkan berupa opini auditor (praktikan) atas pemeriksaan laporan keuangan perusahaan yang disajikan pada tahun tersebut.

         Selain itu, di minggu yang sama Praktikum Riset Akuntansi juga diakhiri. Namun berbeda dengan praktikum lainnya, dimana praktikum ini tanpa diikuti dengan tes tulis maupun lisan. walaupun demikian praktikan wajib mengumpulkan tugas akhir berupa proposal penelitian yang dikerjakan secara berkelompok. Proposal penelitian yang dikumpulkan merupakan kumpulan dari tugas mingguan saat pelaksanaan praktikum, mulai dari bab I sampai bab III. Sehingga mereka hanya menggabungkan saja, sesuai dengan hasil revisi yang diberikan oleh Instuktur dan Asisten kelas masing-masing.

         Tidak hanya sebatas mengikuti tes dan mengumpulkan tugas yang telah ditentukan, namun praktikan wajib mengumpulkan modul dari masing-masing jenis praktikum semester ini. hal ini dilakukan sebagai salah satu prasyarat untuk dipublikasikannya nilai praktikum dan KHP diawal pertemuan pada semester ganjil nanti, saat konsultasi bersama dosen wali masing-masing kelas.

         Semua praktikum ini diakhiri seminggu sebelum pelaksanaan UAS Semester Genap supaya mahasiswa tidak terbebani dengan aktivitas praktikum menjelang pelaksanaan UAS. “Iya memang praktikum di Lab. diakhiri maksimal seminggu sebelum pelaksanaan UAS, agar mereka pada mempersiapkan diri untuk UAS, harapannya output-nyapun lebih maksimal di nilai UASnya”, tegas Lutfi, Ka. Operasional Lab. Akuntansi. (lwe/sas/vie)

 

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image