Semester Genap, Praktikum Sampai Hari Sabtu

Author : Administrator | Sabtu, 09 Maret 2013 12:00 WIB
Berita UMM
Pelaksanaan Praktikum Pemeriksaan Akuntansi di Ruang Lab. Akuntansi I

Jum’at (08/03), praktek kerja akuntansi ‘praktikum’ yang menjadi salah satu program unggulan Program Studi Akuntansi UMM untuk semester genap sudah mulai berjalan sejak hari Senin (04/03), yang meliputi beberapa jenis praktikum diantaranya Praktek Kerja Akuntansi (PKA) Perusahaan Jasa bagi mahasiswa semester II, Praktek Kerja Akuntansi (PKA) Perusahaan Pemanufakturan bagi mahasiswa semester IV, dan Praktikum Pemeriksaan Akuntansi bagi mahasiswa semester VI, sementara Praktikum Riset Akuntansi baru akan dimulai pasca Ujian Tengah Semester (UTS) nanti.

Adapun yang menjadi rutinitas pada awal pertemuan praktikum adalah Instruktur dan Asisten memberikan penjelasan lebih dalam lagi tentang pelaksanaan praktikum yang akan praktikan tempuh selama studi di prodi Akuntansi UMM. Penjelasan tersebut tertuang dalam buku berjudul ‘Panduan Praktikum dan SADAP’, dimana hal ini disampaikan bagi praktikan yang masih pertama kali menempuh praktikum (semester II). Disamping penjelasan tersebut, disampaikan juga tentang tata tertib pelaksanaan praktikum yang harus dipenuhi oleh praktikan.

Sementara untuk praktikan semester IV dan IV mereka hanya dibacakan tata tertib pelaksanaan praktikum, dan untuk penjelasan buku ‘Panduan Praktikum dan SADAP’ sudah disampaikan pada saat mereka semester II. Selanjutnya dilanjutkan dengan materi penugasan yang sebelumnya dijelaskan tentang intruksi umum berhubungan materi penugasan yang nantinya akan dikerjakan oleh setiap praktikan.

Praktikum yang diikuti oleh mahasiswa akuntansi ini, Alhamdulillah berjalan dengan lancar, tertib dan semangat praktikan untuk mengikuti praktikum pada semester ini. “Alhamdulillah kita mengawali praktikum pada semester ini berjalan dengan baik, para praktikan dengan semangat mengikuti dan mengerjakan materi penugasannya. Semoga ini menjadi awal yang baik sampai akhir pelaksanaan praktikum nantinya. Amien… “, Ujar divisi praktikum, Ridla (sapaannya).

Sedikit berbeda praktikum pada semester ini akan berlangsung selama seminggu penuh, mulai hari senin sampai hari sabtu. Dimana sebelumnya hari praktikum hanya sampai hari jum’at sedangkan hari Sabtunya free. “Praktikum semester ini memang cukup padat sampai hari Sabtu, hal ini akibat jadwal kuliah di program studi akuntansi penuh, kemudian diikuti dengan jumlah praktikan juga lebih banyak dari semester-semester sebelumnya. Sementara ruang praktikum kita hanya 2 ruangan saja, ya mau tidak mau pelaksanaan praktikum sampai hari Sabtu”, Tegas Lutfi, Kepala Operasional Lab. Akuntansi. (ish)

 

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image