Praktikum Riset sama dengan pra-Skripsi

Jum'at, 17 Mei 2013 14:17 WIB  

Berita UMM
Proses bimbingan praktikan bersama instruktur kelas

Kamis (16/05), Salah satu praktikum yang wajib ditempuh di program studi akuntansi adalah praktikum riset akuntansi. Mata praktikum ini sudah berjalan kurang lebih tiga tahun terakhir, mulai mahasiswa angkatan 2008, 2009, dan sekarang mahasiswa angkatan 2010. Namun berbeda dengan pelaksanaan pada tahun-tahun sebelumnya, materi penugasaan yang disajikan tahun ini berupa proposal penelitian lengkap dikerjakan oleh kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5 s/d 6 orang mahasiswa.

            Proposal penelitian yang ditugaskan dibagi pada setiap pertemuan yang terdiri dari; 2 pertemuan untuk penugasan bab pendahuluan, satu pertemuan bab landasan teoritis, dan satu pertemuan bab metodologi penelitian. Diselah-selah praktikan mengerjakan tugas tersebut, mereka direkomendasikan untuk bimbingan kepada instruktur dan asisten kelas masing-masing.

            Jadwal bimbingan dilaksanakan di luar kelas praktikum, sesuai dengan jadwal kesepakatan yang dibuat antara mahasiswa dan instruktur, antara mahasiswa dan asisten. Hal ini dilakukan untuk memberikan penjelasan dan koreksi secara detail terhadap penugasan yang kerjakan oleh praktikan. Karena memang durasi waktu yang dialokasikan pada kelas praktikum tidak mencukupi.

            “Memang untuk praktikum kali ini berbeda dengan sebelumnya yang hanya ditekankan pada pembekalan design Riset Akuntansi. Sedangkan yang sekarang merupakan kesinambungan antara mata kuliah metodologi penelitian, praktikum riset akuntansi, dan skripsi. Dimana, secara teoritis dikuatkan dalam materi perkuliahan dengan mata kuliah metodologi penelitian, praktikum riset akuntansi sebagai langkah praktis dalam penyusun penelitian yang kedua-duanya akan menghasilkan output berupa proposal penelitian”, ujar Diska, anggota tim penyusun modul riset akunatnsi.

            Lanjut dosen kelahiran Jember itu, proposal yang mereka buat baik pada mata kuliah metodologi penelitian yang dilakukan secara individu, dan praktikum riset akuntansi yang dikerjakan secara kelompok diharapkan nanti pada saat memprogram skripsi ‘workshop skripsi’ para peserta workshop sudah membawa proposal tentang riset masing-masing. Nantinya akan mampu mempercepat pengerjaan skripsi.

            “Bimbingan ini ditunaikan sebagai bentuk pencerahan dan koreksi secara langsung kepada praktikan yang bersangkutan, sehingga mereka mengetahui bentuk kesalahan yang mereka tulis dalam penugasan praktikum riset setiap minggunya. Dan ini akan menjadi bekal mereka nanti setelah menempuh skripsi. Karena praktikum riset tahun ini benar-benar berbeda dengan sebelumnya, baik dari sisi materi penugasan dan metode praktikumnya. Kalau boleh saya bilang, praktikum riset sama halnya dengan pra-skripsi, hanya saja pada pembahasan kita tidak sampai pada bab pembahasan dan bab penutup”, tegas Faisol, asisten asal Madura.

            “Senang mas, bisa bimbingan seperti ini walaupun kita sulit untuk ngumpulin anggtota kelompoknya. Bisa paham letak kesalahannya, yang benar kaya apa. Tapi kadangkala kita tidak nyambung dengan apa yang dijelasin, barangkali kurangnya pengetahuan dan pemahaman kami tentang teori penelitian itu sendiri” ungkap Dilami, salah satu praktikan saat diwawancari tim RND Lab. Akuntansi. (rnd)

 

Shared: