LOKA KARYA KURIKULUM PRAKTIKUM AKUNTANSI 2019 BERDASARKAN SKKNI

Kamis, 25 Juli 2019 16:14 WIB

Kegiatan Loka Karya Kurikulum Praktikum Akuntansi merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Laboratorium Akuntansi Universitas Muhammadiyah Malang. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 25 Juli 2019 di Laboratorium Akuntansi. Kegiatan Loka Karya ini dihadiri oleh 25 dosen yang bertugas sebagai instruktur praktikum Laboratorium Akuntansi. Acara ini diselenggarakan dengan tujuan untuk menyesuaikan kurikulum Laboratorium Akuntansi dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) yang berlaku. Kurikulum ini perlu dikembangkan sebagai penunjang peningkatan kebutuhan oleh para  lulusan. Lulusan yang berkualitas menjadi penentu utama keberlangsungan suatu perguruan tinggi. Karena praktikum merupakan salah satu faktor penentu kualitas lulusan, maka penyesuaian kurikulum berdasarkan SKKNI ini sangat diperlukan untuk menunjang terciptanya lulusan yang berkompeten.

Ketua Prodi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Malang, Ibu Dr. Masiyah Kholmi,  MM., Ak., CA. menyampaikan bahwa “Prodi Akuntansi akan terus meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan dengan penyesuaian kurikulum praktikum yang berdasarkan SKKNI. Sehingga CPL Prodi Akuntansi bisa mempunyai daya saing yang tinggi. Baik itu di perusahaan nasional maupun perusahaan asing.”

Capaian yang diharapkan dalam kegiatan ini adalah pengembangan sebaran mata praktikum, serta pengembangan model pembelajaran yang relevan yang akan diberikan kepada praktikan berdasarkan MUK yang akan diujikan di Laborarotium Akuntansi Universitas Muhammadiyah Malang. Sebaran mata praktikum baru yang dihasilkan dari kegiatan ini diantaranya adalah PKA UMKM, PKA Perusahaan Besar (Korporasi), PKA Perpajakan, PKA Sistem Informasi Akuntansi, PKA Akuntansi Manajemen, PKA Pemeriksaan Akuntansi, PKA Keuangan Syariah, PKA Sektor  Publik.

Shared: