Laboratorium Akuntansi Adakan Diskusi Umum Kembali

Jum'at, 11 April 2014 15:13 WIB  

Berita UMM
audiens menyimak diskusi


Laboratorium akuntansi tidak terhalang untuk melakukan program-program kegiatannya di tengah-tengah kesibukan akademik. Rabu (12/3) sekitar pukul 12 siang WIB diadakan diskusi umum di labotaroium 1 yang dihadiri oleh para dosen dan asisten lab akuntansi. Diskusi tersebut merupakan pertemuan pertama pada periode ini.

Pembicara yang diberikan waktu dan tempat adalah Djoko Sigit Sayogo, M.Acc, Ph.D dan Sri Wibawani WA. Djoko menjabarkan materi tentang integrasi teori dan metodologi ilmu sosial dalam akuntansi. Dosen pengampu mata kuliah metodologi penelitian ini mengungkapkan perubahan paradigma di dalam riset akuntansi karena teknologi informasi telah menunjang ketersediaan data. Perusahaan semakin dituntut untuk memiliki transparansi sehingga muncul “Big Data” yang semakin mudah diakses dengan adanya teknologi informasi.

Selain karena teknologi informasi, perubahan paradigma tersebut terjadi karena standardisasi prinsip akuntansi secara global sehingga mempengaruhi perumusan masalah. Juga disebabkan oleh aplikasi disiplin ilmu sosial ke dalam permasalahan akuntansi. Aplikasi ilmu sosial tersebut adalah Social Network Analysis yang diperlukan dalam isu-isu seperti Interlocking directorate, Too Big Too Fail, Social Relation and Fraud.

Selanjutnya Sri menjabarkan materi tentang metodologi penelitian akuntansi dalam ranah ilmu sosial sebagai sebuah alternatif. “Contoh topik riset misalnya fenomena interaksi transaksional pelaku usaha perikanan di kawasan overfishing pantai utara Jawa Timur…” jelas Sri saat memberikan materi dengan penuh semangat.

Meskipun suasana siang hari hiruk pikuk di luar ruangan karena diskusi ini diadakan bersamaan dengan jam istirahat kuliah, antusiasme para dosen dan peserta diskusi terlihat ketika hampir semuanya mengacungkan jari untuk mengajukan pertanyaan. Pertanyaan dijawab dan dikaji lagi semakin dalam sehingga suasana diskusi menjadi semakin seru. Namun, dengan sedikit berat Faruq selaku moderator harus mengakhiri diskusi karena jam istirahat usai dan kegiatan kuliah harus segera dilanjutkan. (Han)

 

Shared: