KERJASAMA DAN KEKOMPAKKAN: KUNCI KEBERHASILAN ORGANISASI!

Author : Administrator | Kamis, 18 Desember 2014 12:54 WIB
 

Rangkaian rekruitmen Asisten Laboratorium Akuntansi FEB-UMM berlanjut pada acara pembekalan lapang. Acara ini terdiri dari acara utama yakni outbond dan rapat pembagian divisi bagi Asisten Laboratorium Akuntansi baru. Di kawasan Prigen yakni Kaliandra yang lokasinya tidak jauh dari Taman Safari Prigen, acara berlangsung selama 2 hari, Sabtu (29/11) dan Minggu (30/11).

Setelah tiba di Kaliandra, peserta disambut hangat oleh trainer yang dalam pertemuan itu memperkenalkan Kaliandra kepada peserta mengenai lingkungan di sekitarnya dan tujuan didirikannya Kaliandra. Kemudian peserta diperkenankan untuk beristirahat sejenak di penginapan yang telah disediakan.

Pada sore hari peserta diajak untuk bermain rope course yang cukup menantang nyali peserta. Setelah dijelaskan dan disimulasikan bagaimana cara bermain rope course, peserta memulai permainan dengan menggunakan perlengkapan untuk menjaga keselamatan mereka. Ada peserta yang tidak takut dengan ketinggian, dan sebaliknya. Di tengah-tengah permainan  ada juga peserta yang berteriak, ketakutan, bahkan ada pula yang justru tertawa dan asyik berfoto. Setelah permainan selesai, peserta diperkenankan untuk kembali ke penginapan dan mempersiapkan diri untuk sholat maghrib berjamaah di pendopo.

Selepas sholat maghrib berjamaah, acara dilanjutkan dengan taddabur Al-Qur’an. Kemudian acara berlanjut dengan bermain gamelan yang dipandu oleh trainer. Dalam acara gamelan tersebut peserta diajarkan lagu Manyar Sewu yang menggambarkan tentang kebahagian, rasa syukur, dan juga kegembiraan. Selain itu, instruktur juga menjelaskan tentang makna permainan gamelan yang sangat membutuhkan kerjasama dan keselarasan. Hal tersebut erat kaitannya dengan kehidupan berorganisasi, di mana dalam kehidupan berorganisasi sangat dibutuhkan kerjasama dan juga kekompakkan dalam mencapai tujuan bersama.

Sembari menikmati jagung bakar dan wedang jahe peserta mengikuti rapat pembagian divisi. Selepas acara rapat pembagian divisi, peserta kembali ke penginapan dan beristirahat. Keesokan harinya usai sholat subuh peserta diajak untuk berkeliling di kawasan Kaliandra. Saat memasuki kawasan rumah owner Kaliandra, peserta disambut dengan pemandangan taman labirin mini, dan di sekitar rumah tersebut banyak burung-burung merak dan rusa. Selain itu, pemandangan gunung Arjuna dan segarnya udara menambah suasana pagi yang mengasyikkan di Kaliandra.

Acara dilanjutkan dengan permainan yang dipandu oleh trainer. Permainan tersebut bertujuan untuk membangun kerjasama, kekompakkan, dan kepercayaan diri peserta. Usai permainan tersebut, acara ditutup dengan makan siang bersama.

Acara yang diadakan selama dua hari tersebut terasa kurang jika dirasakan peserta. karena suasana kebersamaan yang terjalin sangat mengasyikkan. Ditambah dengan suasana tempat yang sangat asri membuat peserta merasa betah. Dari kegiatan pembekalan lapang ini dapat dipetik makna kerjasama dan komunikasi yang baik sangat dibutuhkan untuk membangun organisasi yang dapat mencapai tujuannya. (yty/han)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image