Laboratorium Akuntansi
Universitas Muhammadiyah Malang
Laboratorium Akuntansi
Universitas Muhammadiyah Malang

Diskusi Rutin : Perkembangan Sistem Informasi Akuntansi

Author : Administrator | Rabu, 30 Agustus 2017 13:48 WIB

Diskusi umum yang menjadi kegiatan rutin laboratorium akuntansi kembali diadakan pada Rabu (30/8). Kali ini Djoko Sigit Sayogo., SE., M.Acc., PhD dan Achmad Syaiful HA., SE., M.Sc. diundang sebagai pemateri diskusi. Diskusi dimulai pukul 13.00 dan bertempat di laboratorium 2 akuntansi. Ruang lab dipenuhi oleh para dosen jurusan akuntansi dan seluruh asisten laboratorium.

Djoko Sigit Sayogo., SE., M.Acc., PhD menjadi pembicara pertama dan membahas tentang sistem informasi. Judul yang diangkat kali ini adalah Memahami Era Big – data dan Data Driven decision making. Beliau memaparkan tentang perkembangan data dan berbagai manfaatnya. Salah satunya adalah memanfaatkan data yang tidak terstruktur menjadi bagian dalam pengambilan keputusan. Selain berbagai manfaat yang dapat dirasakan adapula berbagai dampak yang disebabkan dengan adanya perkembangan system informasi, diantaranya adalah mengenai perlindungan, Integrasi, dan Privasi Big Data yang yang menjadi sulit untuk dikontrol dan perlindungan privasinya menjadi tidak mudah untuk dilakukan.

Selanjutnya, Achmad Syaiful HA., SE., M.Sc.selaku pemateri kedua mengangkat judul Sistem Informasi, Proses Bisnis, dan Peran Akuntan. Dalam penjelasanya beliau menjelaskan tentang perkembangan system informasi yang juga mempengaruhi proses bisnis. Dimana proses bisnis dapat dijalankan dengan semakin mudah, proses dalam bisnis dapat dijalankan dengan lebih cepat dengan adanya bantuan system, serta dapat menaikkan daya saing.

            Setelah kedua penyaji tuntas menyampaikan materi, para peserta diskusi diberi kesempatan untuk bertanya dan memberikan berbagai tanggapan atas materi yang telah disampaikan. Suasana dalam ruangan laboratorium 2 akuntansi menjadi semakin antusias. Diskusi diakhiri ketika semua pertanyaan yang diajukan oleh para peserta terjawab dan ditanggapi balik oleh pemateri. (Thl)

Shared: