Laboratorium Akuntansi
Universitas Muhammadiyah Malang

Rabu, 14 Juni 2017 kembali didakan diskusi rutin laboratorium akuntansi. Lab 2 akuntansi mulai pukul 10.00 telah dipenuhi oleh dosen – dosen jurusan akuntansi  dan para asisten laoratorium akuntansi. Tema yang dibahas dalam diskusi hari ini adalah akuntansi Manajemen, sebagai penyaji kepala Laboratorium akuntansi Ibu Sri Wahjuni Latifah dan Ibu Endang Dwi Wahyuni.

Sebagai penyaji pertama Dra. Endang Dwi Wahjuni, M.Si., Ak., CA menyampaikan materi seputar akuntansi untuk UMKM. UMKM mempunyai peran yang penting dan strategis untuk mewujudkan struktur dunia usaha nasional yang kokoh, sehingga perlu ditingkatkan jumlahnya dan diberdayakan menjadi usaha yang tangguh, mandiri dan unggul. Namun dalam aplikasinya, UMKM Indonesia mempunyai kebiasaan yang kurang baik, diantaranya adalah praktik kegiatanya masih berjalan tanpa mengandalkan informasi keuangan, hal ini dilatarbelakangi kurangnya pengetahuan para pelaku usaha tentang akuntansi.Akibatnya pelaku UMKM tidak mengetahui pendapatan yang seharusnya diterima dan beban yang yang seharusnya dikeluarkan.  Hal ini akan berdampak pada tidak tepatnya pengambilan keputusan dan pelaku UMKM tidak tahu perkembangan usahanya, papar beliau.

Dra. Sri Wahjuni Latifah, MM., Ak., CA menjadi pemateri kedua yang memaparkan tentang Suistanability Report. Perusahaan yang semakin menyadari dan memperhatikan prinsip 3P (Provit, Planet, People) mendorong semakin berkembangnyaSustainability Report(SR). Selain itu beberapa manfaat dari penerapan SR adalah merupakan bentuk kepedulian sosial terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar, membangun suatu kepercayaan kepada stakeholders dan beberapa manfaat lain.

Ketika sesi pertanyaan dibuka, para peserta diskusi dengan sangat antusias mengajukan pertanyaan dan tanggapan. Pertanyaan – pertanyaan yang diajukan kemudian di tanggapi dan dijawab oleh pemateri. Diskusi ditutup oleh moderator setelah semua pertanyaan yang diajukan terjawab. (Thl)

Shared: