BERTABUR HADIAH DI HARI PERTAMA PELATIHAN PROSEDUR EKSIM

Kamis, 17 Januari 2013 15:01 WIB

Berita UMM
prosesi pembukaan eksim 2013 oleh Ketua Prodi Akuntansi

Untuk keempat kalinya laboratorium akuntansi berhasil menyelenggarakan pelatihan prosedur ekspor impor di aula BAU rabu (16/1). Acara yang dirancang berlangsung selama 3 hari ini dibuka oleh ketua prodi. Akuntansi sekaligus Pjs. Lab. Akuntansi Siti Zubaidah. “dengan pelatihan ini diharapkan lulusan Akuntansi UMM mempunyai kemampuan lebih dan mampu bersaing dengan lulusan akuntansi universitas lainya”, ujar bu ida sapaan akrabnya.

Pelatihan yang diikuti oleh 73 peserta ini, diawali materi perdagangan internasional dan kepabeanan yang disampaikan oleh Joko Wuriyanto dan Eko Budiono dari KPPBC Tipe Madya Cukai Malang, materi yang disampaikan terdiri dari dua sesi. Sesi pertama adalah dasar perdagangan internasional, tata laksana Ekspor-Impor dan gambaran umum Kepabenan. Dimana materi tata laksana ekspor-impor, terdiri dari persyaratan menjadi ekportir/importir, pengelompokkan barang ekspor-impor, serta peraturan internasional (UCP 600, Incoterm 2010). Sedangkan materi gambaran umum kepabeanan terdiri dari daerah pabean, kewenangan pabean, pengenalan buku tarif bea masuk Indonesia (BTBMI) serta cara pengklasifikasian barang.

Pada sesi kedua, materi yang disampaikan adalah dokumen ekpor-impor yang terdiri dari dokumen finansial, dokumen perkapalan, Commercial Invoice dan dokumen lainnya yang terkait dalam kegiatan ekspor-impor. Pada akhir materi, peserta diberikan gambaran pengisian Certicate of Origin (SKA). “kami yakin materi ini tidaklah sulit untuk dipahami oleh peserta pelatihan ini karena seluruh peserta telah menempuh mata kuliah perpajakan 2 yang mengulas secara umum tentang istilah dan perhitungan dalam perdagangan internasional", Ujar pa joko sapaan akrab Kasubsi Penyuluhan KPPBC Tipe Madya Cukai Malang.

Pada sesi terakhir hari pertama, dibawakan oleh Linda dan Ira dari Bank Central Asia (BCA). Materi sesi ini disampaikan dengan santai dan bertabur hadiah souvenir BCA yang sangat menarik peserta, namun tetap bisa menangkap substansi. “pesertanya luar biasa”, ujar linda sapaan akrab Kepala Operasional BCA ini.

Penyampaian Materi Pertama oleh Joko Wuriyanto dan Eko Budiono dari KPPBC Tipe Madya Cukai Malang Penyampaian Materi Kedua oleh Linda dan Ira dari Bank Central Asia (BCA)

 

Shared: